Akun Twitter @Telkomsel lebih responsif saat berinteraksi dengan khalayak dibandingkan @IndosatCare dan @myXLCare selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2017.

tweeting

Hal itu terlihat dari jumlah tweet, porsi earned (mention, reply, dan retweet), dan owned post (original tweet) dari akun Telkomsel terihat paling seimbang dibanding akun Indosat dan XLAxiata.

Sedangkan earned post untuk @myXLCare memiliki porsi yang jauh lebih banyak dibandingkan owned post dari akun resmi tersebut.

grafik owned operator
Grafik Earned vs Owned Operator

Demikian hasil pantauan “Monitoring & Analytics Maverick” di Twitter selama Lebaran, antara 23 -30 Juni 2017. Kata kunci yang dipakai sebagai penyaring adalah “mudik” dan “sinyal”.

Selama periode waktu tersebut diperoleh 338.800 cuitan (tweet) yang mengandung kata kunci “mudik” dan “sinyal.” Sebanyak 57 persen dari jumlah tersebut mengandung kata “sinyal” dan 43 persen kata “mudik.” Sedangkan unggahan yang mengandung dua kata sekaligus, “mudik” dan “sinyal”, sebanyak 1.019.

grafik
Grafik komposisi “mudik” dan “sinyal”

Dari penjaringan berdasarkan dua kata kunci itulah terungkap banyaknya keluhan terhadap Indosat. Indosat mendapatkan keluhan terbanyak di Twitter dibanding Telkomsel dan XL selama masa Lebaran 2017. Indosat mendapat 439 keluhan, sedangkan Telkomsel 200 dan XL 119.

Meski mendapat banyak keluhan dan pertanyaan, akun @IndosatCare tidak banyak merespons. Kalaupun ada respons, bentuknya permintaan agar pelanggan mengirim informasi melalui fasilitas direct message.

Dari hasil pantauan “Monitoring & Analytics Maverick” juga terungkap bahwa Jakarta merupakan kota keberangkatan utama para pemudik. Kebanyakan pemudik melakukan perjalanan dari Jakarta ke kota lain, seperti Yogyakarta, Solo, dan Bandung. Tweet tentang mudik umumnya memberikan informasi mengenai kondisi lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek yang menjadi jalur utama perjalanan para pemudik.

Grafik asal Pemudik
Grafik: Jakarta Kota Asal Terpopuler Pemudik

Solo menjadi kota tujuan yang paling banyak disebut oleh para pemudik dari Bandung dan Jakarta. Cuitan warganet yang mudik ke dua kota tersebut memberikan informasi mengenai kondisi lalu lintas sepanjang jalan tol Solo – Kertasono. Warganet juga membagikan beberapa artikel mengenai Jokowi yang melakukan perjalanan mudik ke Solo.

Data monitoring menunjukkan kebanyakan percakapan mengenai mudik menyebut kata “arus”. Ini disebabkan oleh banyaknya pengguna Twitter membagikan tautan artikel mengenai informasi kondisi lalu lintas selama periode mudik di beberapa rute, seperti Cikarang Utama, Simpang Jomin Karawang, dan Bandara Halim Perdanakusuma.

Kata kunci “selamat”, terdapat pada beberapa kicauan pengguna Twitter yang memposting dan me-retweet tweet “Selamat mudik. Hati2 di jalan. Semoga selamat sampai tujuan dan kumpul bersama keluarga –Jkw” dari akun Twitter @Jokowi.

Jokowi Twitter
Kicauan Presiden Joko Widodo

“Mobil” adalah kata kunci yang paling banyak disebut oleh pengguna Twitter selama periode mudik 2017. Ini dapat diartikan dua hal. Pemudik lebih memilih menggunakan mobil untuk pulang kampung, meskipun ada moda transportasi lain, seperti sepeda motor, kereta, pesawat, dan kapal laut. Bisa juga berarti tak banyak pemudik dengan moda transportasi selain mobil yang menyebut kendaraan yang dinaikinya di Twitter.

transportasi pemudik
Grafik moda transportasi favorit pemudik

Kata kunci “gratis” menempati urutan kedua karena banyaknya pengguna Twitter membagikan artikel mengenai mudik gratis yang diselenggarakan oleh beberapa perusahaan seperti Kementerian Perhubungan, PDI-P, Gubernur Jawa Timur, dan PT Pelindo.

Sepeda juga menjadi salah satu alternatif kendaraan para pemudik. Secara keseluruhan, sepeda disebut 1.479 kali, walaupun sebagian besar sebutan (mention) berhubungan dengan “sepeda motor”. Kicauan yang khusus berhubungan dengan sepeda (tidak bermotor) yang mencapai 548.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *