Kekerasan menghantui anak-anak dan orang-orang tak bersalah di zona-zona perang di seluruh penjuru dunia setiap hari. Kita melihatnya melalui media di Palestina, Suriah, Afganistan, atau Myanmar.

dandy koswara
Dandy Koswaraputra, Kepala Biro Anadolu Agency Indonesia.

Anadolu Agency, sebuah kantor berita Turki yang berdiri sejak 1920, hadir untuk memastikan bahwa semua masyarakat dunia tidak mengalihkan pandangan dari tragedi kemanusiaan ini. 

Dalam perjalanannya, Anadolu Agency kemudian melebarkan sayap pemberitaan ke berbagai negara dengan berbagai bahasa. Saat ini Anadolu Agency hadir di 14 negara dalam 13 bahasa, termasuk Indonesia. Di Indonesia, Anadolu Agency mulai beroperasi pada 23 Oktober 2017, diawaki oleh 17 anggota tim redaksi dan 26 kontributor daerah di berbagai wilayah, meliputi Aceh, Medan, Padang, Sulawesi, Ambon, Bali, hingga Papua. Tim redaksi dipimpin oleh Dandy Koswaraputra selaku Kepala Biro Anadolu Agency Indonesia.

Dandy mengatakan, peluncuran layanan Anadolu dalam Bahasa Indonesia bertujuan untuk mempererat kembali hubungan bilateral antara Indonesia dan Turki dengan membagikan ragam pemberitaan yang netral, yang mencakup isu kemanusiaan, budaya, ekonomi, politik, hingga terorisme.

Anadolu Agency site
Sebagai kantor berita, Anadolu juga menjadi sumber berita bagi perusahaan-perusahaan media di Indonesia, khususnya tentang Timur Tengah. Saat ini 28 media Indonesia telah aktif menjadi pelanggan Anadolu Agency Indonesia, di antaranya CNN Indonesia, Berita Satu, TVRI, Liputan6.com, dan Kompas.com.

“Kami menjadi alternatif untuk memperoleh sebuah bentuk pemberitaan yang lebih komprehensif. Yang dimaksud sebagai alternatif adalah kemampuan Anadolu untuk menyajikan sudut pandang pemberitaan yang mungkin terlewatkan oleh media-media lainnya. Seperti itulah kami menjalankan fungsi kami sebagai media yang dapat mempengaruhi opini publik,” kata Dandy.

Setiap hari tim redaksi Anadolu Agency Indonesia memproduksi hingga 50 berita, termasuk menyajikan konten video dan foto. Selain menghasilkan berita untuk media yang berlangganan, Anadolu menyediakan akses berita umum untuk publik melalui situs Anadolu.

Dandy menilai tantangan terbesar media saat ini adalah disrupsi digital. Meningkatnya penggunaan teknologi membuat arus lalu lintas informasi semakin ramai dan simpang siur. Banyak berita hoax beredar di masyarakat dan membentuk opini publik tanpa mengetahui fakta yang sebenarnya. Anadolu Agency Indonesia hadir untuk membantu mengembalikan kepercayaan publik kepada media dengan menyajikan berita yang berkualitas dengan sudut pandang yang beragam dan informatif

“Dengan digital disruption, kepercayaan masyarakat terhadap media menurun drastis. Kami mencoba membangun kembali kepercayaan itu dengan munculnya kantor berita ini, karena kami tidak mengejar rating dan klik. Kami murni memberitakan sesuatu,” ujar Dandy. [Ditulis oleh M. Thio Adynata]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *