Ketegangan mulai terasa saat wasit meniup peluit yang menandakan dimulainya pertandingan semi-final antara tim futsal jurnalis Kemenpora FC dengan CNN Indonesia FC.

Kedua tim saling memperebutkan satu tempat di babak final MavFutsal 2018, sebuah pertandingan futsal yang Maverick selenggarakan untuk berbagi kesenangan sekaligus melepas kepenatan teman-teman jurnalis dari rutinitas harian yang padat.

Ketegangan bertambah saat CNN Indonesia FC mampu melesatkan gol pertama ke gawang Kemenpora FC. Menjelang menit-menit penghabisan babak pertama, situasi makin memanas dan kedua tim pun saling menyahut dengan kata-kata yang memancing emosi. Semakin memanas hingga berakhir dengan salah satu pemain Kemenpora FC menampar pemain CNN Indonesia FC. Wasit pun melakukan intervensi dan menghadiahkan dua kartu merah untuk dua pemain yang berseteru.

Hukuman pelanggaran tampaknya belum berhasil mengendalikan suasana karena salah satu pemain justru berteriak: “Habis ini kita ngobrol di luar!”

Untungnya, semua pemain berhasil mengendalikan diri dan mendinginkan kepala. Pertandingan hari itu pun berlanjut dengan damai.

Kejadian tersebut menunjukkan keseriusan para jurnalis Indonesia terhadap futsal. Antusiasme mereka yang tinggi terhadap olahraga ini sudah terlihat sejak Maverick membuka pendaftaran tim. Beberapa jam setelahnya kami langsung mendapat banyak respon dari teman-teman jurnalis yang ingin berpartisipasi di MavFutsal 2018.

Hanya berselang dua minggu setelah pendaftaran dibuka, kami berhasil mendapatkan 183 jurnalis yang berpartisipasi, terbagi ke dalam 15 tim jurnalis pria dan 4 tim jurnalis wanita.

Tim pria yang terpilih menjadi peserta MavFutsal 2018 berasal dari media-media besar serta forum wartawan, yaitu Kemenpora FC, CNN Indonesia FC, Forum Wartawan BUMN, Pewarta Foto Olahraga, Forum Wartawan Ekonomi, Beritagar.id, Tirto.id, MNC Group, TVRI DKI, Okezone, Jurnalis Trunojoyo FC (Mabes Polri), Forum Wartawan Otomotif, Suara FC, Bisnis Indonesia, Forum Wartawan Telekomunikasi.

Di kategori tim jurnalis wanita, kami berhasil mengumpulkan empat tim yang berasal dari Forum Wartawan BUMN, Kompas TV, MNC, dan Kompas Gramedia (KG) All Stars.

Kami merasa terkejut sekaligus senang melihat respon positif dari para jurnalis atas kegiatan yang baru pertama kali Maverick sajikan ini. Selama lima tahun sebelumnya, kami dengan rutin menyelenggarakan MaVoice—sebuah kompetisi menyanyi antarjurnalis. Tahun ini, kami ingin mencoba suasana baru dengan menyuguhkan pertandingan futsal sebagai wadah jurnalis dalam menyalurkan hobi dan beristirahat sejenak dari jadwal liputan yang padat.

Pilihan mengadakan MavFutsal ternyata keputusan tepat, terbukti dari partisipasi yang tinggi selama dua hari penyelenggaraan. Banyak juga jurnalis yang membawa keluarga dan teman-temannya untuk duduk memeriahkan acara dan mendukung dari bangku penonton.

Acara pembukaan MavFutsal menjadi semarak dengan kehadiran News Anchor dari Kompas TV Frisca Clarissa dan Editor Grid.id Ali Sobri. Keduanya merupakan pemenang MaVoice 2017. Mereka menyanyikan lagu-lagu pembakar semangat sambil diiringi para penari latar profesional.

Sebagai penyelenggara MavFutsal 2018, kami pun turut bertanding melawan tim jurnalis dengan mengirimkan tim MavBros dan MavChicks yang terdiri dari para konsultan Maverick.

Di awal pertandingan tim MavBros tampil dengan penuh perlawanan, namun setelahnya para pemain kelas kakap dari Forum Wartawan Ekonomi sukses menghabisi tim MavBros dengan melesatkan 10 gol, sementara tim tuan rumah mencetak dua angka saja. Meskipun kalah, keseruan pertandingan tersebut tetap membekas dan memacu semangat tim kami untuk berlatih lebih keras lagi sebelum menghadapi pertandingan MavFutsal selanjutnya.

Di pertandingan lain, tim MavChicks juga mengalami kondisi memilukan yang sama, atau bisa dibilang lebih mengkhawatirkan. Sepanjang pertandingan melawan tim wanita dari MNC Media, tim MavChicks tidak mampu melewati garis pertahanan lawan. Jelas saja rasa bosan menyekap kiper lawan, bahkan ia sempat bergurau meminta secangkir kopi untuk menghilangkan rasa kantuk karena gawang tim MNC Media tak kunjung menerima perlawanan.

Selain menyuguhkan pertandingan seru, MavFutsal 2018 juga bertabur hadiah yang dibagikan untuk para pemenang dan pendukung. Hadiah-hadiah tersebut dipersembahkan oleh para partner acara. Para perwakilan partner acara—Aryo Meidianto dari OPPO Indonesia, Emmy Kuswandari dari APP Sinar Mas, dan Aldyani Gloria Gracia dari AXA Mandiri Financial Services—turut hadir dan berpatisipasi dalam serah terima hadiah.

Dua unit OPPO F9 dihadiahkan kepada dua top scorer MavFutsal 2018. Pencetak gol terbanyak dari tim pria adalah jurnalis Trans TV Muhammad Zaky dari tim Forum Wartawan (FW) BUMN yang berhasil menyumbangkan 21 gol. Sementara dari tim wanita, jurnalis dari iDEA Online Rebbiyah Salasah yang berasal dari tim KG All Stars juga memperoleh hadiah dan gelar yang sama karena berhasil mencetak tiga gol.

Selain itu, jurnalis MNC Media Olena Wibisana berhasil membawa pulang OPPO A3s sebagai pemenang undian door prize. Jurnalis Beritagar.id Indra Rosalia dan jurnalis Warta Kota Vinny Rizki Amelia masing-masing juga membawa pulang OPPO A3s sebagai pemenang kompetisi foto media sosial.

Di akhir rentetan pertandingan, FW BUMN Putra berhasil keluar sebagai juara MavFutsal 2018 setelah berhasil mengalahkan CNN Indonesia FC di babak final. Sementara MNC Media menyandang gelar juara tiga.

Di kategori tim wanita, FW BUMN Putri membawa pulang gelar juara pertama setelah mengalahkan KG All Stars di babak final.

MavFutsal 2018 ditutup dengan perasaan senang dan bahagia yang tepancar di wajah setiap peserta, walaupun di antara mereka harus menerima kekalahan. Dalam MavFutsal 2018 kami juga menyaksikan momen persahabatan, di mana banyak jurnalis berbincang dengan teman, mantan rekan kerja, lawan tanding, dan bahkan berkenalan dengan teman baru—termasuk dengan konsultan Maverick.

Persahabatan yang terjalin antara jurnalis, MavBros, dan MavChicks, membuat usaha keras kami mewujudkan MavFutsal 2018 terbayarkan, meskipun sempat terjadi ketegangan ketika emosi meletup dan kartu merah dikeluarkan.

MavFutsal pada dasarnya kami selenggarakan untuk membuat teman-teman jurnalis menikmati jeda sejenak dari kegiatan peliputan. Sebagai konsultan komunikasi yang sehari-hari bekerja bersama mereka, kami merasa puas melihat mereka dapat bersenang-senang di lapangan.

Saksikan momen-momen seru MavFutsal 2018 di bawah ini!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *