Grand final MaVoice Season 5 berlangsung di Hard Rock Cafe 13 Oktober 2017. Ajang lomba karaoke tahunan bagi para wartawan ini diikuti oleh sepuluh finalis dari berbagai media.

frisca kompas tv
Salah satu finalis MaVoice Season 5, Frisca Clarissa, dari Kompas TV.

Siapakah yang akhirnya meraih gelar terbaik di MaVoice Season 5?

Menjadi seorang pencari berita tidaklah mudah. Banyak waktu yang harus dikorbankan demi mendapatkan sumber berita. Hanya sedikit jeda yang tersisa bagi para jurnalis untuk sejenak menghilangkan penat untuk kemudian kembali tenggelam dalam tenggat, terikat oleh pena dan catatan.

Maverick Indonesia memahami tantangan yang harus dihadapai para jurnalis jika ingin memanjakan diri. Melepaskan diri dari kejaran deadline dan meluangkan sedikit waktu untuk sekadar bersenang-senang. Oleh karenanya, melalui inisiatif internal bernama MaVoice, Maverick Indonesia menyediakan kesempatan bagi teman-teman jurnalis untuk melepaskan diri dari ketatnya pekerjaan mereka.

MaVoice yang telah diselenggarakan sejak tahun 2012 bertujuan untuk mempersatukan para jurnalis melalui sebuah networking event dan media gathering. Pada acara ini, teman-teman jurnalis dari berbagai desk dapat larut di dalam ajang lomba karaoke. Ajang unjuk bakat yang terpendam di dalam diri jurnalis Indonesia.

Untuk memberikan nuansa yang berbeda setiap tahun, MaVoice pun diselenggarakan dengan membawa tema yang unik dan kreatif. Tahun 2017 ini MaVoice Season 5 yang dipersembahkan oleh Tokyo Motor Show (TMS) membawa tema The RaceSing dengan kostum sporty.

Mengapa The RaceSing? Balapan merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer. Memadukan antara balapan dan lomba karaoke adalah hal unik yang bisa membawa atmosfir bagi para jurnalis.

Melaju dari audisi pertama hingga terakhir

Sebelum melaju sampai ke acara puncak, Grand Final MaVoice Season 5 yang diadakan di Hard Rock Café, Jakarta pada 13 Oktober 2017 lalu, MaVoice Season 5 menyelenggarakan 4 kali audisi di Inul Vista FX. Pesertanya jurnalis yang berasal dari desk Ekonomi, Bisnis, Gaya Hidup, Otomotif, Teknologi, hingga Parenting, tumpah ruah memadati VIP Room Inul Vista saat audisi berlangsung dari pertengahan September sampai awal Oktober lalu.

Diselenggarakan setiap Rabu malam, audisi MaVoice Season 5 memiliki mekanisme yang serupa dengan audisi tahun-tahun sebelumnya. Teman-teman jurnalis yang menjadi peserta memilih dua lagu andalan masing-masing untuk dibawakan saat audisi. Melalui dua putaran yang berlangsung dari pukul 19.00 – 22.00, para peserta menancap gas menyanyi. Para juri yang berasal dari Maverick PR terkesima dengan kemampuan para jurnalis yang ternyata tidak hanya andal mencari dan menulis berita, tetapi juga berunjuk suara.

Untuk setiap audisi, terpilih dua orang pemenang. Khusus audisi pertama dan terakhir, terpilih tiga pemenang karena antusiasme peserta yang membuncah. Adapun terpilih 10 jurnalis sebagai finalis MaVoice Season 5 2017 kali ini.

Mereka adalah Realino Oscar dari SCTV, Alika Rukhan dari Parenting; &AyahBunda, Ardi Irawan dari Antara TV, Disfiyant Glienmourinsie dari Sindonews, Ali Sobri dari Grid, Dimas Galih dari Teknovue, Frisca Clarissa dari Kompas TV, Edwin Joseph dari Beritagar, Umay Hadyah Saleh dari Suara.com, dan Candra Dwi Febriana dari Womantalk.

Perjalanan menuju Grand Final

Setelah sepuluh pemenang audisi terpilih, mereka masih harus melaju menuju garis finish data Grand Final. Berbeda dengan penyelenggaraan MaVoice tahun sebelumnya, kali ini Maverick memilih Hard Rock Café, Jakarta, sebagai tempat diadakannya malam Grand Final MaVoice Season 5 2017. Bukan tanpa sebab, pemilihan salah satu tempat nongkrong paling terkenal di Jakarta demi memberikan nuansa baru bagi teman-teman jurnalis.

Untuk menambah kemeriahan suasana, MaVoice Season 5 2017 pun mendatangkan sang legenda hidup, Jhonny Iskandar dari Pengantar Minum Racun (PMR), dan Iga Massardi (vokalis Barasuara) sebagai juri. Tidak ketinggalan adalah Lita Soenardi, Partner Maverick Indonesia, yang turut hadir sebagai salah satu juri.

PARA JURI. Jhonny Iskandar dari Pengantar Minum Racun (PMR), Lita Soenardi, Partner Maverick Indonesia, Iga Massardi (Barasuara)

Demi memberikan penampilan terbaik masing-masing, para grand finalist pun mengikuti rangkaian sound check di venue pada pagi harinya. Mereka hadir dengan pilihan lagu masing-masing yang dijagokan demi menarik hati para juri. Berbeda dengan penyelenggaraan audisi MaVoice, pada Grand Final mereka hanya cukup menyanyikan satu lagu sehingga kesempatan untuk memberikan penampilan yang terbaik jauh lebih ketat.

Grand Final MaVoice Season 5

Malam puncak MaVoice Season 5 pun segera dimulai. Meskipun hujan sempat turun cukup lebat, semangat tim MaVoice Season 5 tidak ikut larut. Perlahan-lahan Hard Rock Café Jakarta terisi penuh oleh teman-teman jurnalis yang berasal dari berbagai media. Tampil sebagai MC untuk Grand Final MaVoice Season 5 ini adalah Dionisa Reni dan Thio Adynata dari Maverick Indonesia.

Jurnalis pun bisa bergaya bak penyanyi profesional

Dengan kostum yang sporty serta tema The RaceSing yang mewarnai suasana, panitia dan teman-teman jurnalis pun seolah terpacu oleh Grand Final MaVoice kali ini. Tidak ketinggalan, penampilan unik dari tiga konsultan Maverick Indonesia, yaitu Dyah Ayu Arini, Sonya Fristha, dan Agrita Widiasari yang membawakan lagu-lagu milik PMR secara medley pun semakin memeriahkan pembukaan Grand Final MaVoice Season 5.

Penampilan pertama dari peserta dibuka oleh Realino Oscar dari SCTV yang memanaskan panggung dengan membawakan salah satu hits terkenal milik Beyonce, Love on Top. Sebagai finalis pertama yang memeriahkan Grand Final MaVoice Season 5, Realino Oscar, sukses menghidupkan suasana dengan aksi panggungnya. Disusul oleh Alika Rukhan dari Parenting & AyahBunda yang membawakan lagu klasik Ratu Sejagad yang dipopulerkan oleh Vonny Sumlang.

Penampilan ketiga menyajikan Ardi Irawan dari Antara TV yang membawakan lagu Benci untuk Mencinta milik Naif dengan suara khasnya yang mendayu. Aksi panggungnya berhasil menyihir para pengunjung MaVoice Season 5 ke dalam suasana yang romantis dan menyentuh. Sementara itu, Disfiyant Glienmourinsie dari Sindonews, yang mengisi penampilan keempat membawakan lagu berjudul Big Girl Don’t Cry milih Fergie, mantan vokalis The Black-Eyed Peas.

Jurnalis yang akrab disapa Glien ini menawarkan aksi panggung yang berbeda dengan memulai penampilannya dari depan meja juri. Penampilannya yang interaktif berhasil membawa suasana jauh lebih meriah. Tak ingin kalah dari pesaingnya, Ali Sobri dari Grid.id memberikan penampilan yang memukau dan menarik.

Finalist keenam adalah Dimas Galih yang berasal dari Teknovue.com. Penonton dibawa ke dalam suasana yang sendu dengan lantunan lagu milik Harry Styles. Malam yang semakin larut kembali dibawa ke kehangatan suasana oleh Frisca Clarissa dari Kompas TV yang membawakan lagu Bersama Mentari milik Andien dengan penuh warna yang langsung disusul oleh Edwin Joseph dari Beritagar.id dengan Versace on the Floor. Belum berhenti sampai di sana, Umay Hadyah Saleh dari Suara.com memberikan penampilan terbaiknya dengan membawakan lagu Spirit Carry On milik Dream Theater.

Aksi terakhir adalah Candra Dwi Febriana dari Womantalk yang sukses menutup penampilan para peserta dengan membawakan lagu Spiderman dari Michael Buble. Penampilannya yang mengejutkan serta menghibur didukung oleh belasan para pendukungnya dari Womantalk.com.

Dan juaranya adalah…

Candra Dwi Febriana dari Womantalk.com, juara I MaVoice Season 5

Setelah penampilan ke sepuluh grand finalist selesai, para juri harus memutuskan juara pertama, kedua, dan ketiga melalui diskusi yang panjang. Tidak hanya tiga juara utama, MaVoice Season 5 juga memberikan penghargan kepada penampil yang terbaik melalui Best Performance dan pendukung paling seru melalui Best Supporter.

Melalui aksi panggungnya yang penuh warna, Frisca Clarissa dari Kompas TV berhasil menyabet kategori Best Performance. Sementara untuk para pendukung yang sukses membuat Hard Rock Café semakin meriah diraih oleh tim dari Womantalk.com.

Tibalah saatnya untuk mengumumkan para juara MaVoice Season 5 2017. Posisi ketiga ditempati oleh Disfiyant Glienmourinsie dari Sindonews yang memukau para juri melalui Big Don’t Cry milik Fergie. Glien tidak hanya menunjukkan suaranya yang kuat, tetapi juga memberikan penampilan yang terlihat menguasai panggung dengan kepercayaan diri yang tinggi. Sementara itu, juara kedua ditempati oleh Ali Sobri dari Grid.id yang memang menampilkan performa yang tidak hanya atraktif tetapi berkelas festival. Penampilannya berhasil menarik perhatian para pengunjung MaVoice Season 5 malam itu.

Pengumuman paling ditunggu pun akhirnya tiba. Siapa yang menjuarai MaVoice Season 5 kali ini?

Dia adalah Candra Dwi Febriana dari Womantalk.com yang tampil dengan unik melalui aksi panggungnya yang sporty serta suaranya yang merdu. Candra tidak hanya berhasil mengambil hati para juri, sebagai penutup ia menyajikan penampilan yang akan terus dikenang oleh pengunjung dan panitia MaVoice Season 5.

Kemeriahan MaVoice Season 5 berakhir dengan sempurna. Terselenggaranya MaVoice tahun ini yang dipersembahkan oleh Tokyo Motor Show (TMS) tidak lepas dari dukungan OPPO Indonesia, Sennheiser Asia, LINE, Trans Studio Bandung, dan Trans Studio Mall, serta teman-teman jurnalis Indonesia.

Partisipasi yang tinggi dari para peserta sekaligus teman-teman jurnalis lainnya membuat kami bersemangat untuk memberikan MaVoice musim berikutnya secara lebih baik.

Terima kasih dan sampai jumpa tahun depan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *