Lalu lintas informasi semakin meningkat di era digital saat ini. Sayangnya, banyak dari informasi tersebut yang tidak bersumber pada fakta sehingga banyak bermunculan hoaks. Pada September lalu, Mabes Polri mengungkapkan ada sekitar 3.500 konten hoaks atau bohong yang tersebar di media sosial menjelang masa kampanye 2019 ini. Artinya, masih terdapat banyak pekerjaan rumah demi menjaga kualitas informasi yang tersebar di masyarakat.

Portal berita ternama di Indonesia, Liputan6.com, berkomitmen menjadi salah satu media yang secara aktif memerangi hoaks yang beredar di masyarakat. Atas komitmen dan keberhasilan Liputan6.com untuk memverifikasi informasi, portal berita ini lolos dalam verifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact-Checking Network (IFCN) pada 2 Juli 2018 lalu.

Dalam People Behind The News kali ini, Maverick mewawancarai Pemimpin Redaksi Liputan6.com Mohamad Teguh. Ia menjelaskan bagaimana Liputan6.com memerangi hoaks serta bagaimana proses yang Liputan6.com lalui sehingga berhasil menjadi satu dari dua media di Indonesia yang memperoleh verifikasi dari IFCN.

People Behind The News merupakan inisiatif Maverick yang bertujuan memperkenalkan latar belakang, visi dan misi, serta pandangan pemimpin media massa terhadap sebuah topik terkait lanskap media maupun komunikasi secara luas.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *