Situs berita Tirto menjadi media pertama di Indonesia yang dinyatakan lolos verifikasi International Fact-Checking Network. Jaringan ini dibentuk oleh Poynter Institute, organisasi jurnalis yang berbasis di St. Petersburg, Florida, Amerika Serikat. Tirto merupakan media ke-42 yang lolos verifikasi.

tirto website
Lolos dari verifikasi berarti Tirto dianggap oleh para verifikator IFCN sebagai media yang serius dalam memberi data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Tirto juga dianggap menunjukkan komitmen untuk terbuka atas koreksi, kritik, dan tanggapan, karena bersedia meralat atau memperbaharui konten jika ada kekeliruan. 

Di tengah maraknya fenomena berita bohong yang menurunkan tingkat kepercayaan publik kepada media, verifikasi ini menjadi semacam angin segar. Verifikasi memberi jaminan bahwa produk jurnalistik Tirto dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Dengan label ini, tingkat kepercayaan masyarakat kepada media pun diharapkan akan membaik.

Maverick percaya bahwa media yang akurat, kredibel, nonpartisan, dan berimbang bermanfaat membantu masyarakat membuat keputusan dan meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia.

Kami mengucapkan selamat bagi Tirto yang berhasil lolos verifikasi. Semoga media-media lain segera menyusul, sehingga masyarakat juga akan semakin mudah mendapatkan informasi yang akurat dan berimbang.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai misi IFCN, silakan klik tautan ini. [Ditulis oleh Ridzki Noviansyah]

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *