Platform e-commerce Shopee berhasil memperkuat citranya melalui liputan di media massa dengan jumlah signifikan terutama pada kegiatan kampanye pemasaran dan promosi, berdasarkan laporan Maverick E-commerce Media Insights April-September 2018. Di antara 13 platform e-commerce yang termasuk dalam laporan tersebut, Shopee merebut posisi ketiga dengan 888 pemberitaan, sementara Bukalapak dan Tokopedia memimpin di posisi pertama dan kedua dengan 1.178 dan 1.020 pemberitaan.

Maverick E-commerce Media Insights adalah laporan yang mengukur pencapaian strategi komunikasi publik dari 13 platform e-commerce di Indonesia berdasarkan peliputan berita industri e-commerce pada 30 media cetak dan media daring. Adapun, laporan ini diluncurkan pada hari Kamis, 22 November 2018, di acara Comms Club, forum diskusi bagi praktisi komunikasi organisasi.

Pencapaian tersebut diukur melalui Media Performance Index (MPI) yang memperhitungkan tidak hanya jumlah artikel, tetapi juga kualitas pemberitaan. Laporan ini juga menyajikan hasil pemberitaan terhadap juru bicara dan tokoh terkait di industri e-commerce, termasuk juga kegiatan marketing campaign, peluncuran produk, fitur platform dan layanan baru, serta kerja sama.

Data dari Maverick E-commerce Media Insights menemukan bahwa kampanye Shopee mendapat visibilitas yang tinggi di media. Sepanjang April-September 2018, Shopee mengadakan 27 kampanye yang menghasilkan total 425 pemberitaan. Jumlah ini mencakup 23% dari keseluruhan pemberitaan mengenai kampanye dari 13 platform e-commerce. Laporan ini juga menemukan bahwa Shopee menyasar kaum millenial untuk mempromosikan kampanye mereka.

Contohnya, Shopee x YG Meet Lisa From Blackpink, mendapat sambutan luar biasa dari kaum muda, terutama mereka yang mengidolakan Lisa Blackpink. Shopee turut berkolaborasi dengan YG Entertainment untuk menjual merchandise di platform mereka. Hal ini turut meningkatkan transaksi penjualan di platform e-commerce tersebut, disokong oleh antusiasme kaum millenial untuk merebutkan tiket gratis Meet and Greet dengan Lisa Blackpink bagi 3.000 pembeli merchandise pertama.

Di samping itu, kampanye lainnya dari Shopee yaitu 9.9 Super Shopping Festival juga menargetkan generasi millenial sebagai bagian dari strategi mereka. Dalam kampanye ini, Shopee menggandeng sederet artis seperti Via Vallen, Rizky Febrian, dan Prilly Latuconsina, untuk menggaet generasi millenial yang semakin bergantung pada kemudahan transaksi digital yang ditawarkan oleh e-commerce. Kampanye ini merebut 10% porsi pemberitaan dari total pemberitaan mengenai kampanye Shopee di kuartal-II dan III tahun ini.

“Di saat persaingan e-commerce semakin ketat, dengan banyaknya brands yang ada, visibilitas di media massa sangat berpengaruh dalam membangun citra dan reputasi brand. Hal ini yang terjadi dengan Shopee, berbagai kampanye pemasaran yang diadakan berhasil menarik perhatian media, sehingga menghasilkan jumlah liputan yang signifikan dan berkualitas. Pencapaian ini menempatkan Shopee di posisi ketiga,” ujar Direktur Monitoring and Analytics Maverick, Felicia Nugroho.

Sebagai perbandingan, Blibli mengadakan 21 kampanye pada April hingga September 2018, tetapi hanya berhasil menarik 296 pemberitaan di media massa. Jumlah ini bahkan lebih rendah dari Bukalapak yang memperoleh 374 pemberitaan dari hanya 16 kampanye yang diadakan di periode yang sama. Berbeda dengan Shopee, kedua platform e-commerce tersebut meraih porsi pemberitaan terbesar dari partisipasi mereka pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2018, di mana Bukalapak menjadi sponsor utama, dan Asian Games 2018, di mana Blibli menjadi official ticketing partner.

“Ini menunjukkan bahwa strategi Shopee untuk menyasar millenial melalui berbagai kampanye tersebut turut memperkuat eksistensi platform e-commerce ini di media massa. Eksposur yang luas diharapkan dapat menjangkau lebih banyak pengguna baru sehingga berpengaruh kepada jumlah pembeli dan transaksi penjualan di platform e-commerce,” kata Manager Research Maverick, Charlie Tjokrodinata.

Ditulis oleh Lucia Hanna, Analis Maverick Indonesia

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *