Bisnis.com, JAKARTA — Perayaan HUT RI Ke-76 kembali harus dilakukan di tengah keterbatasan melawan pandemi. Namun, setiap generasi akan melahirkan pahlawan baru yang membawa secercah cahaya pembawa harapan dan kontribusi positif di masyarakat Indonesia.

Kisah dari Clarin Hayes, Gerald Sebastian, Shindu Alpito, dan Rifan Rahman, sebagai generasi baru pahlawan Indonesia, membawa pesan inspiratif dan harapan di tengah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76.

Clarin Hayes, seorang dokter yang juga content creator di media sosial, menceritakan tantangannya dalam memberantas hoaks dan mengedukasi masyarakat mengenai isu medis, terutama yang berhubungan dengan Covid-19. Clarin, yang tahun lalu bertugas di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet sebagai relawan tenaga kesehatan mengatakan, tugas dokter saat ini bukan hanya merawat pasien, namun juga mengedukasi mereka untuk memberantas mitos di dunia medis melalui konten edukasi.

“Menyampaikan konten edukasi dengan visual dan storytelling yang menarik melalui platform media sosial yang populer adalah bentuk bakti saya sebagai dokter kepada negara,” ujarnya pada acara PechaKucha Night Jakarta Vol. 44 bertajuk The Light Within pada kanal YouTube Maverick Indonesia, Jumat (20/8/2021)

Menurutnya ada kebahagiaan tersendiri saat dia berbagi informasi kepada masyarakat dan masyarakat dapat memahaminya dengan mudah, menerapkannya, dan membagikannya ke orang lain. Senada dengan Clarin, Gerald Sebastian, salah satu pendiri sebuah platform edukasi sains Kok Bisa di YouTube, berbagi cerita seputar inspirasi dan perjuangannya untuk membuat konten ilmu pengetahuan sains. Siapa yang menyangka sosok Gerald pernah gagal saat masih sekolah dulu, kemudian menemukan cara belajar yang nyaman lewat internet.

“Waktu kecil mimpi saya ingin menjadi superhero. Sekarang, mimpi saya ingin menjadi superhero yang bisa mencetak superhero-uperhero lainnya untuk pendidikan Indonesia,” kenangnya.

Kini Gerald berhasil menjadi inisiator salah satu platform konten edukasi sains terbesar di Indonesia. Berbeda Clarin dan Gerald, Shindu Alpito seorang jurnalis musik, memilih jalur musik sebagai bentuk kontribusi positifnya kepada pemajuan industri seni musik tanah air. Sebagai seorang jurnalis veteran, Shindu memiliki dedikasi yang tinggi dalam mendokumentasikan dan mengarsipkan cerita menarik dan perjuangan para seniman yang memiliki kiprah dan karya yang penting dalam industri musik.

“Dengan peran ini saya ingin menunjukkan bahwa karya jurnalistik berkualitas dalam industri musik punya dampak yang besar bagi kemajuan industri. Rasa empati dan kemanusiaan dalam penulisan harus didahulukan dari konten,” ungkapnya. Dia juga berharap dedikasi dan kisah kehidupan para musisi ini dapat dikenang dan dihargai karena mereka banyak membawa kontribusi positif dan membanggakan bangsa. Kisah wawancara dengan tokoh-tokoh musik legendaris, baik yang terkenal maupun yang kadang terlupakan oleh masyarakat, di arsip oleh pemuda tersebut dalam sebuah platform bernama Shindu’s Scoop.

Kisah inspiratif terakhir disampaikan oleh Rifan Rahman, Direktur Utama Swara Gembira. Komunitas tersebut selalu mencuri perhatian jagat maya untuk merevolusi seni budaya Indonesia. Swara gembira sekali sukses membuat seni tradisional lebih populer dan dinikmati generasi muda.

“Misi kami adalah menciptakan revolusi budaya Indonesia agar tetap relevan terhadap perkembangan zaman dan bisa menjadi bagian keseharian dan budaya populer yang diminati generasi muda,” ujar Rifan.

Bahkan di kala pandemi, komunitasnya tetap aktif melestarikan budaya Indonesia melalui konten-konten digital seperti aktivasi Berkain Bersama, Berkain Gembira. Rifan bersama mitranya di Swara Gembira selalu berupaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia melalui 14 pagelaran seni budaya di area-area populer bagi anak muda. Hal itu telah dilakukannya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Menurutnya, semua kisah inspiratif dari generasi baru pahlawan Indonesia ini membawa secercah cahaya dan harapan.

“Pandemi ini masih banyak kontribusi positif dari pemuda-pemudi Indonesia untuk membawa kebaikan bagi masyarakat,” ujar Rifan.